Tekno

Tips Praktis Mengganti Nama Hotspot di iPhone dan Android

60
×

Tips Praktis Mengganti Nama Hotspot di iPhone dan Android

Sebarkan artikel ini
Sebelumnya, mungkin banyak dari kita yang merasa puas dengan nama hotspot default yang diberikan oleh pabrikan iPhone dan Android. Namun, seringkali terjadi masalah ketika kita berada di tempat umum dan banyak perangkat lain yang memiliki nama hotspot serupa. Hal ini tentu membuat kita bingung, mana hotspot kita dan mana milik orang lain? Kita merasa seolah-olah berada dalam labirin nama hotspot tanpa jalan keluar.

Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa mengganti nama hotspot di iPhone dan Android dengan mudah? Dengan menyesuaikan nama hotspot sendiri, Anda tidak hanya memperoleh keunikan tetapi juga menghilangkan keraguan saat mencari wifi pribadi di antara banyak jaringan. Jadi, bagaimana cara melakukan hal ini?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan praktis tentang cara mengubah nama hotspot di iPhone dan Android. Kami akan menuntun Anda melalui setiap langkahnya untuk memastikan bahwa prosesnya mudah dipahami dan dapat dilakukan oleh semua orang. Jadi mari kita lewati kerumitan teknis dan beralih ke solusi praktis yang dapat Anda lakukan sekarang juga.

Cara Ganti Nama Hotspot Di Iphone – YouTube

Introduction

Apakah Anda sering menggunakan fungsi hotspot di ponsel pintar Anda? Tentunya, saat ini banyak orang yang mengandalkan hotspot untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa Anda dapat mengganti nama hotspot di iPhone dan Android sesuai dengan keinginan Anda? Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips praktis untuk melakukan hal tersebut.

Tips Mengganti Nama Hotspot di iPhone

Langkah 1: Masuk ke Pengaturan

Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan pada iPhone Anda. Aplikasi ini biasanya berada di layar utama dan memiliki ikon yang terlihat seperti gigi roda gigi.

Langkah 2: Pilih Pribadi Hotspot

Pada menu Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi yang bernama Pribadi Hotspot. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Ubah Nama dan Kata Sandi

Selanjutnya, di dalam menu Pribadi Hotspot, Anda dapat melihat pengaturan untuk mengubah nama hotspot (SSID) serta kata sandi yang digunakan. Ketuk opsi Nama Wi-Fi untuk mengubah nama hotspot sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk memilih nama yang unik dan membedakan dari jaringan Wi-Fi lainnya di sekitar Anda.

Ketika telah memilih nama baru, ketuk tombol Kata Sandi Wi-Fi untuk memasukkan kata sandi baru yang akan digunakan untuk penggunaan hotspot. Penting untuk memilih kata sandi yang aman agar tidak dapat diakses oleh orang-orang yang tidak berwenang.

Langkah 4: Simpan Perubahan

Setelah Anda melakukan perubahan pada nama hotspot dan kata sandi, pastikan untuk menyimpan pengaturan ini dengan mengetuk tombol Simpan. Langkah ini akan mengaktifkan kembali hotspot dengan nama dan kata sandi baru yang telah Anda pilih.

Tips Mengganti Nama Hotspot di Android

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda. Biasanya, ikonnya terlihat seperti roda gigi atau tiga titik vertikal.

Langkah 2: Cari Opsi Tethering & Jaringan Bergerak

Pada menu Pengaturan, carilah opsi yang bernama Tethering & Jaringan Bergerak atau mungkin terletak di bawah bagian Koneksi atau Jaringan Seluler. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Pilih Opsi Hotspot Wi-Fi Ponsel

Selanjutnya, carilah opsi yang disebut Hotspot Wi-Fi Ponsel dan ketuk opsi ini untuk masuk ke menu pengaturannya.

Langkah 4: Ubah Nama Hotspot

Dalam menu pengaturan hotspot, Anda akan melihat opsi untuk mengubah nama hotspot (SSID). Ketuk opsi ini untuk masuk ke halaman pengaturan nama.

Di sini Anda dapat memasukkan nama baru yang ingin Anda gunakan untuk hotspot. Pastikan untuk memilih nama yang unik dan menarik perhatian.

Langkah 5: Simpan Perubahan

Setelah Anda mengganti nama hotspot sesuai keinginan, jangan lupa untuk menyimpan perubahan tersebut. Biasanya, Anda akan menemukan tombol Simpan atau ikon centang di bagian atas atau bawah halaman pengaturan.

Dengan menyimpan perubahan tersebut, hotspot di perangkat Android Anda akan menggunakan nama baru yang telah Anda pilih.

Kesimpulan

Mengganti nama hotspot di iPhone dan Android adalah proses yang sederhana namun berguna. Dengan mengikuti tips praktis diatas, Anda dapat dengan mudah memberikan identitas unik pada hotspot pribadi Anda. Ingatlah bahwa penting juga untuk memilih kata sandi yang aman agar tetap terlindungi dari akses tidak sah. Selamat mencoba!