Lifestyle

Menjaga kebersihan Demi Kesehatan Lingkungan Sekolah

271
×

Menjaga kebersihan Demi Kesehatan Lingkungan Sekolah

Sebarkan artikel ini

Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting untuk menciptakan kesehatan lingkungan. Kebersihan juga berperan penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan tentram. Tentu saja bila lingkungan yang kumuh akan menjadikan orang menjadi enggan berlama lama untuk berada di lingkungan tersebut. Maka kebersihan adalah harga mutlak untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman, termasuk lingkungan sekolah. Bagaimana mungkin siswa mampu menangkap pelajaran yang disampaikan dengan maksimal bila siswa itu sendiri kurang nyaman berada di kelas karena kotor. Belum lagi kamar mandi sekolah yang identik dengan bau pesing dan kotor karena perilaku jorok para siswa.

Di sekolah memang sudah tidak asing lagi dengan namanya jadwal piket. Yaitu jadwal dimana beberapa siswa harus melakukan tugas membersihkan kelas dan sekitarnya. Namun terkadang di beberapa sekolah jadwal piket kurang begitu efektif karena mereka masih mengandalkan para penjaga sekolah atau biasa dipanggil pak kebon sekolah. Inilah yang harus ditanamkan sejak dini kepada anak – anak untuk sadar, tanggap dan tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan untuk menjaga kesehatannya sendiri dan orang disekitar.

Sejak SD harus ditanamkan dan diberi tanggung jawab menjaga kebersihan kelas seperti :

Memang kelima saran diatas sudah tidak asing lagi diterapkan ke siswa sd, namun guru sebagai orang tua selama di sekolah juga harus ikut andil dalam pengawasan, pendekatan dan bimbingan kepada anak didiknya, serta memberi penghargaan lebih bagi siswa yang mematuhi tata tertib dan menjaga kebersihan dengan baik. Ini semua untuk menumbuhkan kepribadian dan tanggung jawab yang baik dalam hal menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan lingkungan sekolah selain menjaga kebersihan bisa dengan cara menerapkan program penghijauan seperti :

Pola hidup sehat dan bersih sudah pasti akan menghindarkan dari berbagai macam penyakit yang mengintai saat di sekolah seperti demam berdarah. Dengan adanya apotik hidup dan tanaman hias akan memberikan udara yang lebih sejuk dan indah. Dengan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman diharapkan bisa menumbuhkan semangat belajar siswa. Bila sudah semangat dalam menerima pelajaran otomatis prestasi meningkat. Untuk mempertahankan atau bahkan meninkatkan kebersihan lingkungan sekolah, pihak dinas pendidikan bisa mengadakan kejuaran sekolah sehat secara rutin, dimana sekolah – sekolah yang ada dibawah naungan dinas tersebut akan berlomba – lomba untuk menjaga kebersihan lingkungannya dan yang terbaik akan mendapatkan penghargaan atas semua itu. Juga bisa ditambahkan program kebersihan bulanan atau mingguan di hari – hari  tertentu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *